Beranda | Artikel
Adab Berbicara - Bagian ke-4 - Kitab Fiqhul Akhlaq (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)
Rabu, 25 Februari 2015

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Yahya Badrusalam

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Ringkasan Ceramah Agama Islam – Kajian Kitab Fiqhul Akhlaq: Adab Berbicara (Bagian ke-4)

Salah satu adab berbicara adalah kita harus berbicara dengan orang lain sesuai dengan tingkat pemahaman mereka. Karena jika kita berbicara dengan orang lain dan ternyata tidak dipahami oleh mereka, maka hal itu bisa berubah menjadi pemahaman yang buruk. Bahkan bisa jadi perkataan kita diletakan bukan pada tempatnya sehingga berakibat fatal dan memicu timbulnya fitnah. Maka dari itu adab berbicara ini sangatlah penting.

Seorang muslim harus bisa membawa dirinya ketika berbicara dengan orang lain. Dia harus bisa melihat dengan siapa dia berbicara, setelah itu dia arahkan pembicaraannya dengan baik. Jika demikian maka orang yang diajak berbicara akan bisa memahami perkataannya.

Tentang adab berbicara ini, Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu mengatakan:

حَدِّثُوا النَّاسَ بِمَا يَعْرِفُوْنَ

Simak penjelasan selengkapnya dari pembahasan adab berbicara oleh Ustadz Badrusalam, Lc. dari bahasan kitab Fiqhul Akhlaq, dengan cara download ceramah agama ini, atau dengarkan langsung dari player yang tersedia. Semoga bermanfaat.

Dengarkan dan Download Ceramah Agama: Adab Berbicara (Bagian ke-4)

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link download kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/11799-adab-berbicara-bagian-ke-4-kitab-fiqhul-akhlaq-ustadz-abu-yahya-badrusalam-lc/